Thursday, December 15, 2011

Gerhana Bulan Dan Gerhana Matahari


Gerhana merupakan salah satu fenomena alam yang disebabkan oleh bayangan yang dibentuk Matahari, bumi dan bulan jika berada dalam satu garis lurus, bayangan tersebut mempunyai dua bagian yaitu:
·         Umbra atau daerah bayangan inti. Umbra berbentuk kerucut yang semakin mengecil begitu menjauh dari bumi atau bulan.
·         Penumbra atau daerah kabur.

A.   Gerhana Bulan
Gerhana bulan hanya terjadi pada malam hari saat bulan purnama, tetapi tidak setiap bulan purnama terjadi gerhana bulan. Pada saat akan terjadi gerhana, permukaan bulan sedikit demi sedikit akan tertutup. Setelah itu, bulan menjadi gelap tidak tampak. Keadaan ini berlangsung selama 6 jam. Jika letak matahari, bumi dan bulan berada pada suatu garis lurus, maka bulan masuk ke dalam bayangan bumi. Keadaan ini yang disebut gerhana bulan. Pada keadaan tersebut, cahaya matahari yang seharusnya diterima bulan terhalang oleh bumi.

B.   Gerhana Matahari
Gerhana Matahari terjadi jika daerah bumi mendapat bayang-bayang dari bulan dengan posisi bulan berada diantara matahari dan bumi. Gerhana matahari hanya mungkin terjadi di siang hari pada saat bulan baru atau bulan mati.
Ada tiga jenis gerhana matahari yang mungkin terjadi, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin.
1.    Gerhana Matahari Total
Pada saat gerhana matahari total, bumi memasuki umbra bulan. Karena bulan lebih kecil daripada bumi maka, gerhana matahari total terjadi pada sebagian daerah saja di permukaan bumi. Gerhana matahari total terjadi paling lama sekitar 6 menit. Ketika gerhana matahari total terjadi di suatu daerah maka, daerah tersebut terjadi gelap untuk sementara waktu. Dan ketika gerhana matahari total terjadi, jangan pernah untuk melihat langsung ke matahari. Pada saat itu matahari tetap memancarkan cahaya yang tak dapat dilihat oleh mata, namun dapat merusak mata. salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melihat gerhana matahari total adalah dengan kacamata khusus yang berkaca gelap.

2.    Gerhana Matahari Sebagian
Gerhana matahari sebagian terjadi sebelum dan sesudah gerhana matahari total. Pada keadaan ini, sebagian daerah dipermukaan bumi masuk ke penumbra bulan.
3.    Gerhana Matahari Cincin
Gerhana matahari cincin terjadi jika bulan sedang berada pada titik terjauhnya dari bumi. pada keadaan tersebut, sebagian permukaan bumi terkena perpanjangan umbra bulan sehingga matahari terlihat seperti cincin.
                                                (a)
                                                                (b)

0 comments:

Post a Comment